ODWIN Multi - CMS Multi Languange / Bahasa dengan Framework Laravel 5.5 Gratis


ODWIN Multi ini adalah CMS sederhana yang dibuat dengan menggunakan framework Laravel 5.5 dan menggunakan template gentelella sebagai tampilan halaman backend / admin nya. Template gentelella sendiri dapat didownload melaui link berikut daftar 5 dashboard admin template bootstrap 3 gratis. Template ini mungkin akan anda perlukan jika nantinya anda menggunakan program ini dan membutuhkan berbagai modifikasi sesuai kebutuhan program anda. Anda dapat menjadikan template gentelella yang anda download tadi sebagai referensi jika anda ingin menambahkan komponen-komponen lain misalnya laporan berupa diagram, dan lain sebagainya,

ODWIN Multi juga merupakan program yang dikembangkan dari ODWIN CMS yang telah saya buat sebelumnya. Jadi dokumentasi pada artikel ini hanya menjelaskan modul-modul yang berbeda dari ODWIN CMS sebelumnya. Jika anda membutuhkan dokumentasi dari ODWIN CMS dapat dibaca pada artikel berikut ODWINCMS - CMS dengan framework Laravel 5.5 Gratis. Perbedaan paling mendasar adalah ODWIN Multi memiliki fitur multi language / bahasa.

1. Instalasi

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk melakukan instalasi ODWINCMS ini :
  1. Lakukan clone / download dari link berikut https://github.com/Ozkadon/ODWIN-Multi.
  2. Buka command promp dan jalankan perintah "composer install" pada folder cms ini.
  3. Buatlah database baru dan lakukan import file sql yang telah disertakan (odwin_multi.sql). 
  4. Copy file .env.example menjadi file .env dan ubahlah nama database, user, dan password sesuai dengan setting dari mysql anda.
  5. Buka command promp dan jalankan perintah "php artisan key:generate" pada folder cms ini.
  6. Program dapat dijalankan melalui url "http://localhost/ODWIN-Multi/public/backend"

2. Dokumentasi

Berikut ini adalah penjelasan-penjelasan dari beberapa modul yang sudah disediakan di ODWIN Multi ini:

2.1 Login

Login

Login menggunakan email dan password. Sudah disediakan 2 user default dalam cms ini. Yang pertama adalah 

email : superadmin@admin.com
password : 123456 

dengan level Super Admin dan yang kedua adalah 

email : admin@admin.com
password : 123456 

dengan level Admin. Pada ODWIN Multi ini hanya user dengan level Super Admin yang dapat melakukan modifikasi modul Language / Bahasa.


2.2 Dashboard

Dashboard
Halaman Dashboard ini digunakan untuk menampilkan informasi-informasi yang biasanya ingin diketahui sehari-hari. Dalam program ini secara default saya memberikan 4 informasi yaitu jumlah new sign up (dihitung selama 7 hari terakhir), total users, new blog (7 hari terakhir), dan total post dalam blog. Anda bisa menambahkan informasi-informasi lainnya yang dirasa memang diperlukan nantinya secara manual. 


2.3 Language

Language
Halaman ini hanya bisa diakses oleh Super Admin. Digunakan untuk mengatur jenis bahasa apa saja yang akan dipakai dalam program tersebut. Secara default disediakan 2 macam bahasa yaitu English dan Indonesia dan 2 bahasa ini tidak dapat diedit maupun dihapus kecuali melalui database secara langsung. 


2.4 Setting

Setting
Pada halaman ini terdapat pengaturan Default Language yang hanya muncul pada user dengan level Super Admin. User juga dapat menambah bahasa dan memilih bahasa yang aktif pada halaman setting ini secara langsung tanpa harus melalui halaman language sebelumnya. Namun untuk melakukan edit bahasa dan delete bahasa hanya dapat dilakukan pada halaman Language. 


2.5 Blog - Category

Blog - Category
Halaman ini digunakan untuk melakukan modifikasi kategori apa saja yang dimiliki dalam blog yang anda buat. Nantinya kategori ini akan digunakan pada halaman Blog - Content untuk menentukan post yang anda buat berada dalam kategori apa. 


2.6 Blog - Content

Blog - Content
Halaman ini berfungsi untuk melakukan CRUD content dari blog. Dalam halaman Blog - Content ini terdapat 2 macam status yaitu Publish dan Draft. Status ini sebenarnya sama saja dengan status Active, Deactive pada halaman-halaman lainnya hanya saja khusus untuk halaman ini saya kira pemilihan kata Publish dan Draft lebih tepat. Untuk isinya sendiri user dapat membedakan isi dari blog sesuai dengan tab bahasa yang dipilih. 


2.7 Pages

Pages
Halaman Pages ini mirip dengan halaman Blog - Content hanya saja tidak memiliki kategori. Tujuan saya membuat halaman pages ini misalnya dapat digunakan untuk membuat halaman About Us, Term & Conditions, dan halaman-halaman informasi lainnya. 


2.8 Gallery Photos

Gallery Photos
Digunakan sebagai daftar album foto. Terdiri dari 2 bagian yaitu keterangan album dan daftar gambar album. Gambar yang digunakan juga sudah menggunakan konsep media library seperti modul-modul yang lainnya. Perbedaan dengan ODWINCMS hanya pada fitur multi bahasanya saja.

Untuk halaman-halaman lain seperti Modules, Access Control, Master User Level, Master User, Media Library, dan Inbox tidak ada perubahan apapun karena merupakan modul-modul sistem dari program ini. Namun jika anda masih membutuhkan penjelasan mengenai modul-modul tersebut dapat anda baca pada artikel berikut ODWINCMS - CMS dengan framework Laravel 5.5 Gratis.

ODWIN Multi ini dibuat dan dicoba dengan menggunakan PHP 7.1.x. Belum diketahui apakah program ini akan berjalan normal dengan PHP 7.2.x. Pembuat tidak menjanjikan update fitur lanjutan dari ODWIN Multi ini. Namun jika ditemukan bug pada program yang sudah ada ini akan memungkinkan untuk dilakukan update perbaikan. Lisensi yang digunakan adalah MIT License sesuai dengan lisensi yang dipakai oleh framework Laravel.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel