Dragon Nest M - Pembahasan Mengenai Gear / Equipment (Pemula)


Salah satu elemen penting dalam game Dragon Nest M ini adalah gear atau equipment. Di sini saya tekankan bahwa artikel ini hanya untuk pemula saja karena seperti yang kalian lihat pada gambar di atas BP (Battle Power) yang saya miliki pun hanya berkisar 480 ribuan saja dikarenakan saya sempat vakum lama tidak memainkan game ini lagi :). Gear atau Equipment dalam Dragon Nest M terdiri dari 10 bagian yaitu, Helmet, Tunic, Trousers, Gloves, Shoes. Shield, Weapon, Necklace, Earrings, dan Ring. Berikut ini akan dijelaskan hal-hal yang penting dalam gear ini yang berpengaruh pada BP karakter anda :


#SET EFFECT

Sangat disarankan anda menggunakan equip set pada gear ini karena akan memiliki efek tambahan lainnya seperti contoh karakter yang saya gunakan saat ini menggunakan Ocean Dragon Set yang memiliki set effects sebagai berikut :

  • 2 pcs Set Effect : HP + 13500
  • 3 pcs Set Effect : P.DEF + 1350
  • 4 pcs Set Effect : M.DEF + 1350
  • 5 pcs Set Effect : VIT + 270
  • 6 pcs Set Effect : INT + 360
  • 7 pcs Set Effect : M.ATK + 900
Untuk bagian accessories seperti necklace, earrings, dan ring juga sangat disarankan untuk menggunakan tipe yang sejenis untuk mengaktifkan set effectnya. Cara untuk mendapatkan gear selain accessories dapat dilakukan dengan melakukan craft. Bahan-bahan craft dapat diperoleh dengan menyelesaikan Nest Mode ataupun Dragon's Lair dan juga melakukan pembelian di Bazaar menggunakan Dragon Coin. Jika BP karakter anda terlalu kecil saya menyarankan untuk membeli bahan melalui Bazaar saja karena untuk server-server yang sudah lama berjalan harga bahan-bahan tersebut termasuk murah.

Sedangkan untuk bagian accessories hanya bisa didapatkan dengan menyelesaikan Nest Mode Hard atau lebih. Dan dari apa yang saya ketahui accessories tersebut hanya terdapat pada peti gold saat anda memilih peti sebagai hadiah. Jika anda memiliki dragon coin cukup banyak anda juga bisa melakukan pembelian accessories (bukan bahan) melalui Bazaar. Perhatikan baik-baik untuk membeli tipe yang sesuai dengan karakter anda apakah Magic atau Physical.



#UPGRADE GEAR

Opsi Gear
Setelah memiliki equip set yang lengkap hal selanjutnya adalah memaksimalkan potensi dari tiap gear yang anda punya. Caranya dapat dilhat pada gambar di atas, terdapat opsi untuk Upgrade, Enchanment, Refine, dan Enhance. Yang pertama saya bahas adalah bagian Upgrade terlebih dahulu. Untuk melakukan upgrade gear hanya bisa dilakukan mulai dari set Manticore. Dibutuhkan bahan yang berbeda-beda tergantung bagian gear mana yang akan diupgrade. 

Upgrade Gear
Bahan upgrade yang dibutuhkan untuk melakukan upgrade sama dengan bahan dasar yang dibutuhkan untuk melakukan craft gear tersebut. Terdapat tingkatan dalam melakukan upgrade. Tingkatan pertama membutuhkan 1 bahan sebanyak 4 kali proses kemudian setelah penuh dapat dilakukan proses breakthrough dengan menggunakan dragon coin untuk melanjutkan ke tingkatan berikutnya. Pada tingkatan berikutnya akan dibutuhkan biasanya 2 bahan seperti contoh pada gambar dan progress yang lebih banyak dibandingkan tingkatan sebelumnya. 

Untuk melakukan upgrade juga dibutuhkan bahan lain dalam contoh di atas adalah Ocean Dragon Essence. Bahan ini dapat didapatkan dari mode Dragon's Lair atau juga bisa diperoleh dengan membelinya menggunakan dragon coin di Bazaar.


#ENCHANMENT


Hal lain yang dapat dilakukan untuk menaikkan BP pada gear adalah dengan melakukan enchanment. Untuk melakukan enchanment dibutuhkan stone yang bisa diperoleh dari beberapa cara.

Enchanment
Untuk Stone warna biru dan hijau bisa diperoleh dari Nest Mode. Sedangkan untuk enchanment stone berwarna orange berdasarkan keterangan pada gamenya hanya bisa diperoleh dengan menggunakan diamond atau dengan membuka pandora pack. Agar BP gear maksimal tentu saja perlu menggunakan enchanment stone yang berwarna orange namun seperti penjelasan sebelumnya bahan tersebut susah diperoleh. 


#REFINE

Refine
Cara berikutnya untuk menaikkan BP pada gear adalah dengan menggunakan fitur refine. Pada tiap gear yang kita pasang terdapat status masing-masing yang dapat ditingkatkan sampai maksimal melalui fitur refine ini. Untuk melakukan refine dibutuhkan refine stone sesuai dengan level dari gear yang kita pakai. Refine Stone level atas dapat juga digunakan untuk merefine gear pada level dibawahnya namun tidak berlaku hal sebaliknya. Refine Stone dibedakan menjadi 2 macam yaitu DEF Refine Stone dan ATK Refine Stone. DEF Refine Stone untuk melakukan refine pada gear di sebelah kiri sedangkan ATK Refine Stone digunakan pada gear sebelah kanan (weapon, shield, dan accessories). 

Bagaimana cara mendapatkan refine stone ini ? Sesuai dengan gambar hanya terdapat 3 cara yaitu melalui diamond market, dragon coin market dan juga pandora pack. Namun saat saya menelusuri game lebih dalam refine stone ini juga dapat dibeli pada Guild Shop dan juga Abyss Shop. Lakukan refine pada semua gear sampai memiliki stat yang maksimal.


#ENHANCE

Enhance
Bagian terakhir dari gear adalah enhance. Enhance akan membuat gear kita memiliki angka + di mana akan terdapat bonus status setiap kali gear di enhance dengan kelipatan 5 pada semua gear misalnya +5, +10 pada semua gear yang kita pakai. Untuk melakukan enhance dibutuhkan Agate. Agate ini bisa didapatkan melalui Dark Temple setiap harinya. Selain itu juga bisa dibeli pada Guild Shop dengan menggunakan dragon coin. 

Jangan kuatir untuk melakukan enhance pada setiap gear yang anda punya karena enhance ini sifatnya permanen. Jadi ketika kita sudah melakukan enhance pada helmet misalnya, saat kita melakukan pergantian helmet enhance tersebut akan tetap ada. Hal ini berbeda sifatnya dengan refine di mana refine ini terikat pada masing-masing gear. Jadi saat mengganti gear maka refine pun akan kembali seperti semula. 

Demikianlah penjelasan-penjelasan pada artikel Dragon Nest M - Pembahasan Mengenai Gear / Equipment (Pemula) ini. Nanti akan dijelaskan satu-satu secara urut pada artikel-artikel selanjutnya untuk hal-hal lainnya seperti jade, heraldry, dan lain sebagainya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda dan selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel