Tutorial Laravel 6.0 - Cara Upgrade Laravel 5.5 menjadi Laravel 6.0



Pada artikel-artikel tutorial Laravel sebelumnya, saya selalu menggunakan Laravel versi 5.5 sebagai basisnya dikarenakan Laravel versi tersebut merupakan versi LTS (mendapatkan update hingga 5 tahun ke depan). Nah, pada tanggal 3 September 2019 yang lalu, Laravel mengeluarkan versi 6.0 yang juga merupakan versi LTS, jadi saya memutuskan untuk mulai menggunakan Laravel versi 6.0 ini sebagai basis dari tutorial-tutorial saya selanjutnya.

Artikel kali ini akan membahas bagaimana cara melakukan upgrade program Laravel 5.5 menjadi Laravel versi 6.0 dengan menggunakan cara yang saya pakai sendiri.  Berikut ini adalah langkah-langkahnya :


#INSTALL LARAVEL VERSI 6.0

Langkah pertama adalah melakukan instal Laravel versi 6.0. Caranya adalah dengan menggunakan perintah composer berikut ini :

composer create-project --prefer-dist laravel/laravel nama_program "6.0"

Jalankan perintah composer tersebut pada command prompt seperti biasanya anda menginstall program Laravel


#UPDATE FILE COMPOSER.JSON

Kemudian yang perlu anda lakukan adalah melakukan update file composer.json pada program Laravel yang baru anda install tadi. Update di sini adalah dengan cara menambahkan beberapa plugin yang anda gunakan pada program Laravel 5.5 sebelumnya. Contohnya di sini saya menggunakan plugin sebegai berikut :

  "intervention/image": "^2.3",
  "laravelcollective/html": "^6.0",
  "maatwebsite/excel": "~3.1.0",
  "yajra/laravel-datatables-oracle": "~9.0"

Cukup tambahkan plugin-plugin yang anda perlukan pada bagian require. Namun yang perlu anda perhatikan juga adalah versi dari plugin yang akan dipakai pada Laravel versi 6.0 ini. Kebanyakan plugin akan menggunakan versi yang berbeda dibandingkan dengan versi yang digunakan pada Laravel 5.5. Contoh yang saya alami sendiri adalah 

"laravelcollective/html" : sebelumnya menggunakan versi 5.0 menjadi versi 6.0
"maatwebsite/excel"       : sebelumnya menggunakan versi 2.1 menjadi versi 3.1
"yajra/laravel-datatables-oracle" : sebelumnya menggunakan versi 8.0 menjadi versi 9.0


Setelah menambahkan plugin-plugin yang diperlukan gunakan perintah 

composer update

pada command prompt folder Laravel 6.0 yang baru tersebut.



#COPY FILE-FILE 

Hal terakhir yang perlu dilakukan adalah memindahkan file-file dari program Laravel 5.5 sebelumnya menuju ke program Laravel 6.0 yang baru. Berikut ini adalah file-file yang saya pindahkan untuk proses upgrade ini :

#Folder app

Di dalam folder ini terdapat cukup banyak file yang perlu dipindah. Pindahkan semua file-file dari program lama anda yang tidak terdapat pada program baru yang anda install tadi. Contohnya yang wajib untuk dicopykan adalah file-file di dalam folder Controllers, Middleware, dan Validator. 

Untuk file Kernel.php saya hanya menambahkan baris-baris yang diperlukan saja, jadi filenya tidak saya tumpuk langsung dari yang lama.


#Folder config

File-file di dalam foler config ini tidak saya tumpuk dengan file lama, namun hanya saya tambahkan saya baris-baris yang saya perlukan dari program lama ke program baru ini. Contoh nya yang saya tambahkan adalah baris pada file database.php


#Folder resources

Untuk folder resources ini saya memindahkan semua folder views dari program yang lama ke program yang baru ini.


#Folder routes

Demikian juga halnya dengan folder routes. Saya memindahkan file-file routes dari program Laravel 5.5 ke program baru Laravel 6.0 ini.

Dan file terakhir yang perlu diubah adalah file .env. Sesuaikan isi konfigurasi dari file .env yang lama ke file .env yang baru ini.



Demikianlah cara-cara yang saya gunakan untuk melakukan upgrade program Laravel dari versi 5.5 ke versi 6.0 ini. Dikarenakan saya pribadi tidak menggunakan fitur-fitur laravel secara lengkap dan kompleks maka cara ini bisa saya lakukan. Mungkin untuk program Laravel 5.5 yang sangat kompleks dengan berbagai fitur nya membutuhkan usaha yang lebih banyak untuk dapat diupgrade menjadi versi 6.0.

Silahkan gunakan kolom komentar jika anda mengalami kesulitan-kesulitan saat melakukan upgrade program anda, Sebisa mungkin saya akan membantu menemukan solusinya. Terima kasih

  

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel