ODWINStok - Program Stok / Inventori dengan Framework Laravel 5.5 Gratis


ODWIN-Stok adalah program stok / inventori yang dibuat dengan dasar ODWINCMS yang telah dibuat sebelumnya. Program ini sendiri dikembangkan dengan menggunakan framework Laravel 5.5 dan template dashboard adminnya menggunakan gentelella. Dokumentasi dari ODWINCMS dapat dibaca melalui link berikut https://ozkadon.blogspot.com/2018/06/odwincms-cms-dengan-framework-laravel.html sedangkan untuk template gentelella dapat dilihat melalui link ini https://ozkadon.blogspot.com/2018/06/daftar-5-dashboard-admin-template.html.

1. Instalasi

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk melakukan instalasi ODWIN-Stok ini :
  1. Lakukan clone / download dari link berikut https://github.com/Ozkadon/ODWIN-Stok.
  2. Buka command promp dan jalankan perintah "composer install" pada folder program ini.
  3. Buatlah database baru dan lakukan import file sql yang telah disertakan (odwin_stok.sql). 
  4. Copy file .env.example menjadi file .env dan ubahlah nama database, user, dan password sesuai dengan setting dari mysql anda.
  5. Buka command promp dan jalankan perintah "php artisan key:generate" pada folder cms ini.
  6. Program dapat dijalankan melalui url "http://localhost/ODWIN-Stok/public/backend"

2. Dokumentasi

Berikut ini adalah penjelasan dari modul-modul yang ada pada program ODWIN-Stok ini. Beberapa modul yang sudah ada pada ODWINCMS tidak akan dijelaskan lagi pada dokumentasi ini. Anda bisa membuka artikel berikut https://ozkadon.blogspot.com/2018/06/odwincms-cms-dengan-framework-laravel.html untuk membacanya. Modul-modul yang tidak akan dijelaskan kembali adalah modul Setting, Modules, Access Control, Master User Level, Master User, dan Media Library. Halaman Dashboard pada program ini sengaja dikosongkan dan silahkan disesuaikan sendiri dengan kebutuhan informasi apakah yang perlu anda tampilkan (misalnya chart penjualan mingguan). Tutorial pembuatan chart dapat anda pelajari pada template admin dashboard gentelella, Pada template tersebut sudah disediakan contoh yang cukup lengkap untuk membuat berbagai macam chart. 

2.1 Login

Login

Login menggunakan email dan password. Sudah disediakan 2 user default dalam cms ini. Yang pertama adalah 

email : superadmin@admin.com
password : 123456 

dengan level Super Admin dan yang kedua adalah 

email : admin@admin.com
password : 123456 

dengan level Admin. Perbedaan dari 2 level ini hanya terdapat pada halaman modules yang bisa diakses hanya oleh user dengan level Super Admin.


2.2 MASTER

2.2.1 Master Supplier

Master Supplier
Master Supplier digunakan sebagai daftar supplier yang nantinya akan digunakan pada modul Purchase Order. Pada program ini field-field yang disediakan adalah Nama, Alamat, CP (Contact, Person), dan Telp. Field-field ini dapat anda sesuaikan sendiri jika dirasa dibutuhkan field informasi tambahan.

2.2.2 Master Barang

Master Barang
Modul Master Barang digunakan sebagai daftar barang, Yang perlu diperhatikan pada modul ini adalah field stok_awal, stok_total, harga_beli, dan harga_jual. Stok Total pada tabel barang ini tidak dapat diinput melalui program melainkan akan dihitung otomatis saat user melakukan create / update data dan juga saat melakukan purchase order maupun penjualan. Proses keluar masuknya barang ini sebenarnya sudah terdata pada tabel stok, namun field stok_total ini saya gunakan agar program tidak menjalankan query yang berat untuk menampilkan laporan persediaan stok setiap barang. 

Field harga_beli digunakan sebagai nilai default saat user melakukan purchase order dan nilainya akan diupdate sesuai dengan nilai transaksi pembelian terakhir dari supplier. Demikian juga dengan field harga_jual yang digunakan sebagai nilai default saat user melakukan penjualan dan nilainya juga akan diupdate sesuai dengan nilai transaksi penjualan terakhir yang dilakukan. Pada modul ini juga terdapat button Histori Beli yang digunakan untuk melihat histori 3 transaksi purchase order terakhir barang tersebut. 

2.3 TRANSAKSI

2.3.1 Daftar Inden

Daftar Inden

Modul Daftar Inden ini berisi informasi barang-barang apa saja yang masih belum diterima. Pada saat melakukan purchase order terdapat 2 status dari transaksi tersebut yaitu order dan received. Barang-barang yang ditampilkan dalam modul ini adalah semua barang dengan status order (belum diterima) pada saat melakukan purchase order. Tujuan dari dibuatnya modul ini adalah untuk mengurangi resiko user melakukan purchase order yang berlebihan pada suatu supplier. Field-field yang saya tampilkan sebagai default pada program ini bisa anda sesuaikan sendiri dengan mengedit source code secara manual. 

2.3.2 Purchase Order

Purchase Order
Modul ini merupakan modul pembelian barang dari supplier. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa transaksi yang user lakukan akan memiliki dua status yaitu order dan received. Saat pertama kali melakukan create transaksi purchase order maka status dari record tersebut adalah order. Pada saat status order ini user masih dapat melakukan edit data dan delete data. Disediakan button Terima yang digunakan untuk mengubah status transaksi ini dari order menjadi received yang menunjukkan bahwa barang-barang tersebut sudah diterima. Pada saat user mengklik button Terima ini maka program akan melakukan update jumlah stok dari barang tersebut dan juga melakukan update harga beli barang seperti penjelasan pada modul master barang sebelumnya. User hanya dapat melakukan proses View saja saat transaksi ini sudah berubah status menjadi received.

2.3.3 Penjualan

Penjualan
Modul Penjualan digunakan untuk melakukan transaksi penjualan. Saat transaksi selesai dibuat maka program akan melakukan update stok ke tabel master barang dan insert detail mutasi stok ke tabel stok. User dapat melakukan delete data pada transaksi ini. Saat melakukan delete data, maka program juga akan melakukan update stok total ke tabel master barang dan menghapus record mutasi stok pada tabel stok. 

2.3.4 Koreksi Stok

Koreksi Stok
Modul koreksi stok ini digunakan untuk melakukan update stok secara manual. Modul ini saya buat dengan tujuan jika user menemukan ketidakcocokan data stok total antara master barang dengan stok sesungguhnya di gudang maka user dapat menggunakan fitur ini untuk menambah maupun mengurangi stok barang tersebut. Proses ini pun nantinya akan disimpan program pada tabel stok. 

2.4 LAPORAN

Laporan yang disediakan secara default pada program ODWIN-Stok ini ada 3 macam yaitu Laporan Purchase Order, Laporan Penjualan, dan Laporan Stok. Tentu saja pada kasus nyatanya 3 laporan ini saja tidak akan cukup. Anda dapat menambahkan sendiri jenis laporan yang sesuai dengan kebutuhan program anda,

Sama seperti ODWINCMS, program ODWIN-Stok ini dibuat dan dicoba dengan menggunakan PHP 7.1.x. Belum diketahui apakah program ini akan berjalan normal dengan PHP 7.2.x. Pembuat tidak menjanjikan update fitur lanjutan dari ODWIN-Stok ini. Namun jika ditemukan bug pada program yang sudah ada ini akan memungkinkan untuk dilakukan update perbaikan. Lisensi yang digunakan adalah MIT License sesuai dengan lisensi yang dipakai oleh framework Laravel. Bagaimana cara mengupload program ini ke hosting CPanel dapat dibaca di artikel berikut https://ozkadon.blogspot.com/2018/05/cara-melakukan-upload-laravel-55-ke.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel